Langsung ke konten utama

Kaomu dan Walaka (Sebenarnya kasta milik siapa ?)












Dalam tulisan saya kali ini untuk merefleksi tulisan tangan-tangan jahil yang beredar dimedsos. Dalam tulisan tersebut salah satunya membahas tentang kasta Kaomu dan Walaka.

Sepenggal saya copy paste tulisan yang menjadi objek kita sbb :
"Pada masa Tongka Allamu di kenalkan Ragi yaitu Sarung Tenun berbeda warna dan motif sebagai identitas dari masing-masing rumpun keluarga berdasarkan kelas sosialnya antara Kaomu (Bangsawan), Walaka (yang di tokohkan),  dan Papara (masyarakat biasa)" red.

Katanya pada masa pemerintahan Tongka Allamu kasta Kaomu dan Walaka sudah ada di Kerajaan Kaledupa yang ditandai dengan Ragi (motif) Furai (sarung). Berdasarkan manuskrip sejarah Kaledupa Tongka Allamu memerintah pada tahun 1260 - 1310 M. Ini berati bahwa menurut penulis ia mengklaim kasta Kaomu dan Walaka itu adalah milik Kerajaan Kaledupa, walaupun sebenarnya klaim ini tanpa didasari oleh bukti yang kuat.

Strata sosial dalam kehidupan bermasyarakat sejak dahulu seakan menjadi sebuah kebutuhan identitas pribadi maupun kelompok. Sebagaimana kelompok masyarakat lainnya dalam satu naungan sistem peradaban sejarah pasti memiliki identitas tersendiri. Sama halnya Buton dan Kaledupa sebagai sekumpulan masyakat yang berbudaya dengan sejarah tersendiri juga memiliki strata sosial sebagai identitas.

Dalam peradaban masyarakat Kaledupa masa lampau, pembagian strata sosial atau kasta ini kita kenal dengan istilah 'Henangkara' untuk golongan bangsawan, 'Mia Lele' untuk golongan masyarakat biasa, dan 'Tudhu'a' untuk golongan budak. Tetapi khusus untuk penggolongan kasta Kaledupa ini, saya selaku penulis harus melakukan penelusuran lebih dalam lagi untuk menambah dan menguatkan referensi yang sudah ada.

Sedangkan dalam peradaban masyarakat Buton masa lampau sampai hari ini, pembagian strata sosial dikenal dengan istilah 'Kaomu' untuk golongan bangsawan manga ana, 'Walaka' untuk golongan bangsawan manga ama, 'Papara' untuk golongan masyarakat biasa dan 'Maradhika' untuk golongan budak. (Takdir)

pembagian strata sosial dikenal dengan istilah 'Kaomu' untuk golongan bangsawan manga ana, 'Walaka' untuk golongan bangsawan manga ama, 'Papara' untuk golongan masyarakat biasa dan 'Batua' untuk golongan budak.

Akan tetapi ada sebagian berpendapat bahwa Batua bukanlah budak tapi untuk menyebut papara yang berasal dari luar wolio dan menetap di Buton. (Tony Rudiansjah. Jurnal Antropologi No. 52 UI)

Pengkategorian kasta seseorang didasarkan pada Kamia. Kata Kamia berasal dari akar kata “Ka” dan “Mia”. Ka berarti kekuatan, dan mia berarti manusia. Golongan Kaomu dinisbatkan pada keturunan Wa Kaa Kaa sebagai pendiri Kerajaan Buton, sedangkan golongan Walaka dinisbatkan untuk keturunan Mia Patamiana sebagai pendiri komunitas komunitas Buton. (Yusran Darmawan. Orang Buton dan Imajinasi Sejarah. Thesis UI)

Siapa kasta dari golongan Kaomu dan Walaka ini ?

1. Kaomu

Kaomu merupakan golongan yang sering memperkenalkan dirinya sebagai keturunan raja pertama kerajaan Buton. Wa Kaa Kaa adalah nama yang sering disebut sebagai leluhur mereka yang menjadi inti pembeda antara Kaomu dengan yang lain. Seseorang dapat diakui sebagai seorang berkasta Kaomu ketika ia dapat membuktikan dirinya dengan dua cara.

Pertama, apakah ia memiliki hubungan darah atau dapat menulusuri silsilahnya sampai ke Wa Kaa Kaa dan Sibatara. Oleh karena itu, menghafal nasab dalam ingatan atau tulisan patut dilakukan demi menjaga silsilah agar tidak terjadi pengklaiman.

Cara kedua, apakah ia keturunan dari para raja Siolipuna dan empat wilayah atau Barata Patapalena yang bergabung ke dalam wilayah Kesultanan Buton. Yang dalam perjalanan sejarah, keturunan Raja Siolipuna dan Lakina Barata Patapalena tersebut kemudian dimasukkan ke dalam kategori Kaomu. (Yusran Darmawan. Orang Buton dan Imajinasi Sejarah. Thesis UI)

2. Walaka

Walaka merupakan golongan yang memperkenalkan dirinya sebagai keturunan Mia Patamiana (Si Panjongan, Si Jawangkati, Si Tamanajo dan Si Malui). Mia Patamiana kemudian mendirikan Pata Limbona yaitu Baluwu, Peropa, Barangkatopa dan Gundu - Gundu. Seiring perjalanan sejarah kemudian bertambah 5 limbo lagi yang terdiri dari Gama, Siompu, Wandailolo, Rakia, dan Melai, yang keseluruhannya terletak didalam Benteng Keraton Buton.

Sejak kapan pembagian strata sosial ini terjadi ?

­Pembagian strata sosial ini belum ada pada masa awal pembentukan Pata limbona dan kerajaan Buton. Pembagian strata sosial ini dilakukan oleh Dayanu Ikhsanuddin dengan membagi kasta Kaomu menjadi 3 golongan yaitu sbb :
1. Dayanu Ikhsanudin bersama keluarganya dan keturunannya masuk ke dalam golongan Tanailandu
2. Lakina Mancuana Kumbewaha beserta keluarga dan turunannya masuk ke dalam golongan Kumbewaha
3. Kenepulu Bula beserta keluarga dan keturunannya masuk ke dalam golongan Tapi - Tapi. (Prof La Niampe)

Setelah pembagian golongan Kaomu menjadi 3 golongan yang kemudian dikenal dengan sebutan Kamboru - Mboru Talupalena sehingga 3 jabatan terpenting hanya dapat dijabat dari golongan Kamboru Mboru terutama jabatan Sultan. Sejak masa pembagian ini diberlakukan hanya Kaomu yang murni berasal dari dalam wilayah keraton Buton saja yang memiliki hak untuk menduduki tiga golongan ini. Sedangkan golongan Walaka dibagi menjadi 9 kampung (Siolimbona).

Pada tahun 1635 M Kerajaan Kahedupa mulai terintegrasi menjadi barata Kahedupa sebagai bagian dari wilayah Kesultanan Buton, sejak saat itulah 2 kasta ini di impor oleh Buton ke Kaledupa. Artinya bahwa jika ada yang mengklaim bahwa kasta Kaomu dan Walaka sudah ada di Kaledupa sebelum bergabung dengan Kesultanan Buton itu hanyalah klaim yang tidak berdasar.

--------- disusun oleh : Ahmad Daulani

Komentar

Pa Pa Mei mengatakan…
Ahmad Daulani
* tntng sejarah masarakat Kaedupa versi nenek dan paman mertua sy demikian jg .

*tentang sejarah spesifikasi sosial masarakat Adat Wolio , yap , kurang lebih nya sprti yg diurai di atas .

sebagai catatan . dlm masyarakat adat Buton secara menyeluruh klompok budak tdk ada dlm masyarakat Buton . Di masa lalu klompok Budak di ambil dari luar Buton dgn beberapa cara , salah satunya adalah di beli atau pampasan yg setelah hukum islam berlaku , klompok2 ini dlm masarakat adat Buton mengenal dgn sebutan halus Maradika ( org2 yg dimerdekakan )

PAPARA adalah istilah spesifikasi Sosial masarakat adat Buton ( 70 kadie di masa Dayanu iksanudin )
1 . kadie Kaomu
2. kadie Walaka
3. Kadie Papars berjumlah 70 yg pada masa masa selanjutnys mengalami perkembangan.
Ahmad Daulani mengatakan…
Pa Pa Mei ini masukan yg sangat baik, dan menjadi informasi tambah utk memperbaiki point yg telah diuraikan diatas agar mendekat sempurna. Insya allah dlm lain kesempatan kita bisa bertemu kembali agar bisa diskusi pak

Postingan populer dari blog ini

KAKADHO BHAA LASUNA

sumber foto : istimewa Meskipun makam ini sekarang tampak tak terurus dan sudah banyak yang melupakannya namun sosok yang ada dibaliknya adalah sosok yang sangat legendaris dan sangat mengemuka di negeri Kahedupa, negeri Buton dan negeri Pancana Muna pada akhir abad ke 16 Masehi.  Di Kahedupa ia bernama La Tingku, ia adalah salah satu bangsawan Kahedupa yang memimpin wilayah Tombuluruha. Ia juga dikenal sebagai ahli perang yang sangat handal sehingga di Kahedupa juga ia dikenal dengan nama Kakadho Tombuluruha.  Sezaman dengan La Tingku yang memimpin Tombuluruha, Kahedupa dimasa itu dipimpin oleh raja La Molingi sementara Buton di pimpin oleh Sultan Laelangi. Jauh sebelum masa itu sejatinya telah terbentuk persekutuan pertahanan keamanan baik keamanan luar maupun di dalam negeri yang terdiri dari 5 kerajaan yang digagas oleh Sultan Murhum. Persekutuan tsb dikenal dengan persekutuan BHARATA dengan Buton sebagai sentralnya. Kelima negeri itu adalah Buton, Kahedupa, Muna, Kolencusu dan Tiw

Kahedupa dan Sejarah Terintegrasinya

Jejak kerajaan Kahedupa masa lampau masih menyisakan banyak misteri sampai sekarang. Kahedupa yang awalnya adalah wilayah Sara-Sara Fungka (kepemimpinan Komunal) yang mana masyarakatnya menganut kepercayaan Animisme dan Dinamisme.  Kehidupan masyarakat Kahedupa pada zaman itu mendiami perbukitan/gunung (Fungka). Kehidupan masyarakat Kahedupa masih dibawah kendali Tetua sara-sara fungka yang terbagi menjadi tiga wilayah kekuasaan yaitu wilayah fungka Pangilia, wilayah fungka Patua dan wilayah fungka Horuo.  Serewaha adalah tetua wilayah fungka Pangilia, La Rahmani adalah tetua wilayah fungka Patua Bente dan Ta’ayomi adalah tetua wilayah fungka Horuo. Dari ketiga tetua sara-sara fungka yang pertama kali masuk islam adalah La Rahamani. Sebab La Rahamanilah yang banyak berinteraksi dengan orang-orang dari luar Kahedupa karena pelabuhan sentral pulau Kahedupa saat itu berada di sampua Buranga yang notabene adalah wilayah fungka Patua. Banyak yang keluar masuk melalui sampu'a Buranga Rom

Benteng Pale'a sebagai Pusat Peradaban Kaledupa

sumber foto : istimewa   Oleh : Ahmad Daulani Sama seperti kerajaan pada umumnya, Kaledupa yang memiliki histori panjang sebagai kerajaan vasal juga memiliki banyak peninggalan sejarah yang belum terungkap. Diantaranya benteng dan bukti fisik lainnya yang menurut masyarakat setempat memiliki peran dan makna penting dalam sejarah peradaban Kaledupa. Dipulau Kaledupa terdapat beberapa benteng peninggalan peradaban masa lampau yang menjadi warisan leluhur sebagai saksi sejarah sebagai hasil karya yang sangat mengagumkan oleh manusia sekarang. Ada 2 benteng besar yang masih tersisa meskipun sebagain sudah mengalami kerusakan karena dimakan usia dan tidak terawat lagi yaitu benteng Pale'a sebagai jejak peradaban Kaledupa sebagai kerajaan dan benteng Ollo sebagai jejak Kaledupa sebagai barata Kahedupa yang telah terintegrasi sebagai bagian dari wilayah kesultanan Buton. Benteng Pale'a sekarang terletak di desa Pale'a kecamatan Kaledupa Selatan Kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara