TUGAS
KULIAH
PENDIDIKAN PANCASILA
DOSEN PENGAMPU
|
: Ahmad
Daulani
|
TANGGAL
|
:
12 April 2017
|
SEMESTER
|
:
II
|
TUGAS KE
|
:
1
|
I. TUJUAN TUGAS
Melalui
tugas ini mahasiswa diharapkan dapat mengevaluasi kebijakan pemerintah yang
sesuai/tidak sesuai dengan Pancasila. Dengan cara demikian apabila mereka kelak
menjadi pejabat pemerintah akan menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai acuan dalam
pembuatan kebijakan.
II. URAIAN TUGAS
1.
Mahasiswa
mencari salah satu kebijakan pemerintah (pemerintah daerah/pemerintah pusat) baik
melalui media cetak atau elektronik yang menurut anda menarik untuk dikaji.
Kebijakan boleh yang sudah berlangsung lama maupun yang baru.
2.
Mahasiswa
dibagi dalam 5 kelompok, masing-masing membahas tema kebijakan : 1) politik; 2)
ekonomi; 3) sosial budaya; dan 4) pertahanan dan keamanan
( Hankam ); 5) perlakuan rakyat didepan hukum à setiap topic dibahas 1 kelompok
secara berurutan (tema untuk tugas sesuai dengan nomor kelompok).
3.
Masing-masing
kelompok membuat hardcopy dalam bentuk makalah (diperbanyak sesuai jumlah
kelompok dan anggota kelompok) kemudian melakukan diskusi di dalam ruang
perkulihan, meliputi inventarisasi/rumusan masalah dan analisis sesuai/tidak sesuai
dengan Pancasila, apa faktor-faktor yang menyebabkan kesesuaian atau ketidak sesuaian.
Bagaimana sebaiknya merumuskan kebijakan yang sesuai dengan Pancasila.
4.
Melakukan
diskusi pleno dengan cara masing-masing kelompok menunjuk satu juru bicara untuk
membacakan hasil diskusi.
5.
Masing
- masing kelompok mengirim satu rangkap softcopy makalah lengkap (dalam bentuk
rar) ke e-mail : ahmaddaulani4@gmail.com
6.
Masing-masing
kelompok memperjelas tugas yang telah dijabarkan jika kurang dipahami melalui
via e-mail diatas
III. KRITERIA PENILAIAN
Tema menarik,
urgen, menyebutkan faktor-faktor penyebab, merumuskan solusi.
IV. INDIKATOR
KINERJA (RUBBRIC)
GRADE
|
SKOR
|
INDIKATOR
KINERJA (RUBBRIC)
|
Sangat
kurang
|
<25
|
Tema tidak menarik,
urgen, menyebutkan faktor-faktor
penyebab,
merumuskan solusi
|
Kurang
|
26-45
|
Temamenarik,
tidakurgen, menyebutkan faktor-faktor
penyebab,
merumuskan solusi
|
Cukup
|
46-65
|
Tema menarik,
urgen, tidak menyebutkan faktor-faktor
penyebab,
merumuskan solusi
|
Baik
|
66-85
|
Tema menarik,
urgen, menyebutkan faktor-faktor
penyebab,
tidak merumuskan solusi
|
Sangat
Baik
|
>85
|
Tema menarik,
urgen, menyebutkan faktor-faktor
penyebab,
merumuskan solusi
|
Komentar